Blog Guru

Injit-injit Semut

(1)

Ke Bandung membeli susu

Ke Papua membeli sagu

E-mail dikira palsu

Dicuekin hampir seminggu

 

Cari ilmu sejak belia

Hidup terpandang di masa tua

Belajar di Australia

Demi jadi guru mulia

 

REF *

 

Injit-injit semut siapa sakit naik diatas

Injit-injit semut walau sakit jangan dilepas

 

(2)

Potong bambu memakai parang

Burung nuri terbang melayang

Bu Bonnie cantik, periang

Buat kami rindu dan sayang

 

Gado gado campur ketupat

Tutup koper sampailah rapat

Pak Robs jalannya cepat

Buat kami melompat lompat

 

Kembali ke REF *

 

(3)

Minum jamu memakai gelas

Pegang erat jangan dilepas

Bu Julie di depan kelas

Bicaranya lugas dan jelas

 

Cari kayu di atas bukit

Sambil minum kopi yang pahit

Mba Novi si  cabe rawit

Eh jangan salah, Englishnya ngehits

 

REF **

 

Injit-injit semut makan roti dengan lahap

Kami mohon maaf bila ada salah dan khilaf

 

Injit-injit semut buat sarang di pohon jati

Kami berterima kasih Australia selalu di hati



Lagu itu berkumandang  dengan lantang dengan tempo riang. Lebih lantang dari biasanya kami lantunkan saat latihan, diiringi alunan musik yang dipasang dari MP3 hasil pencarian di You Tube oleh Pak Eko Widiyanto, guru Seni Budaya dari Jawa Tengah. Gubahan syair lagu injit-injit semut hasil karya ibu Komariah, teman kami guru bahasa Indonesia dari Indramayu terasa pas menceritakan pengalaman kami dari awal mendapat berita untuk mengikuti program kursus singkat di Australia sampai berjumpa denganorang-orang hebat yang sangat menginspirasi kami.  Syair demi syair dinyanyikan bersahut-sahutan oleh bu Komariah yang bersuara merdu  dan Pak Iyus dengan gayanya yang kocak serta disambut secara bersama-sama oleh para pengiring lagu yang lain.  Diiringi dengan tarian yang rancak hasil kreografi kami bersama yang terinspirasi lenggak lenggok tarian dari Jawa, dipadu dengan gerakan khas tarian Sumatra Utara serta gerakan bapak-bapak di bagian belakang yang mengadopsi tarian Kecak dari Bali.  Cukup rasanya mewakili bahwa inilah persembahan dari kami, para guru SMP dari Indonesia.

 

Malam itu kami begitu  percaya diri mempersembahkan tarian dan nyanyian kami pada acara gala dinner malam perpisahan  para guru dari grup 4 yang terlibat dalam program pengembangan profesional guru  di bawah lembaga Australia Award Indonesia (AAI) yang bekerjasama dengan Asia Education Foundation .  Para tamu tampak sangat  terhibur dan ikut bersenandung atau menggerak-gerakkan tangannya.  Kami makin bersemangat menari dan menyanyi.  Senang dan bahagia yang tak terkira.   Betapa tidak, kami tampil menyanyi dengan bahasa Indonesia dan menari dengan gerak tari dari Indonesia di depan para tamu yang di antaranya banyak orang asing yang tidak terlalu mengerti apa isi lagu kami tapi mereka bisa menangkap pesan yang kami sampaikan.  Teman kami, bu Suparmi menari sambil beberapa kali menghapus air mata yang mengalir begitu saja di pipinya. Yang lain menari sambil berkaca-kaca dengan bertahan untuk tetap tersenyum di hadapan para tamu undangan.  Tepuk tangan panjang bergema di ruangan itu setelah kami mengakhiri penampilan kami.   

 

Terimakasih Australia atas malam yang indah ini. Di awal kami datang ke negeri yang asing  dan bertemu orang-orang yang belum pernah kami kenal sebelumnya.  Lalu kami bertemu dan bergaul dengan orang-orang hebat yang telah banyak berbagi ilmu dan menginspirasi kami selama 3 minggu di sini. Malam ini kami akan berpisah sebagai sahabat yang akan saling merindukan.

 

Malam itu kebahagiaan kami tak bisa kami sembunyikan, menyentuh setiap hati dan  menyeruak ke setiap penjuru ruangan.  Rasanya ingin kami berteriak ..”Indonesia...!!., ini kami di sini, di negara yang maju dan sejahtera...Malam ini adalah malam perpisahan kami.  Kami akan kembali, Indonesiaku.  Kami  akan segera pulang.  Kami akan  pulang dengan semangat baru, dengan ilmu dan pengalaman yang makin bertambah...dengan pemahaman yang lebih  bijaksana... kami akan  bekerja keras untukmu Indonesia.  Kami akan majukan pendidikan di negeri ini.  Kami akan  jadikan anak-anak didik kami sebagai tumpuan keunggulan masa depan bangsa ini.  Suatu saat negeri ini akan menjadi negeri yang maju dan tumbuh sebagai bangsa yang makin sejahtera dan  bermartabat.”

 

Besok kami pulang

Kami rindu keluarga

Kami rindu teman-teman di sekolah

Kami rindu siswa siswi kami

Kami rindu Indonesia

 

 

Melbourne, 3rd  February 2017

 

.

Hit Count

Halaman Ini
193
Hari Ini
278
Bulan Ini
16.612
Total
.520.705

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamualaikum Wr.Wb


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunianya SMP Negeri 14 Bandung dapat menyajikan informasi melalui website sekolah ini.


Di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website sangatlah penting. Setelah dilakukan update dari sisi pengelolaan maupun konten website SMP Negeri 14 Bandung hadir dengan wajah baru dan alamat baru yang formal yaitu www.smpn14-bandung.sch.id.


Website SMP Negeri 14 Bandung ini digunakan sebagai penyebarluasan informasi dari sekolah. media pembelajaran, memberikan tugas mandiri.kepada peserta didik, sarana komunikasi antar sekolah dan alumni, dan juga sebagai sarana promosi sekolah yang cukup efektif.


Semoga dengan di publisnya website SMP Negeri 14 Bandung dengan wajah baru dan alamat baru dapat menjawab kebutuhan masyarakat tentang kondisi sekolah dan memanfaatkan konten yang ada sebagai sarana berkomunikasi.


SMP Negeri 14 Bandung terus berupaya mengupdate diri sehingga tampilan, isi, dan mutunya terus berkembang. Kepada semua pihak pengelola website, terima kasih atas kerja samanya. Mari kita wujudkan SMP Negeri 14 Bandung lebih maju.


Wassalamualaikum wr.wb.

Kepala Sekolah

.